Pengasapan di PP. Nurul Abror Al-Robbaniyin

  • Ahmad Mahfud, M.Pd
  • 133

Seiring meningkatnya jumlah pasien demam berdarah Kabupaten Banyuwangi, PP Nurul Abror Al-Robbaniyin Alasbuluh Wongsorejo Banyuwangi melakukan pengasapan di seluruh area Pesantren.

Hingga berita ini ditulis tercatat jumlah pasien yang dicatat oleh Dinas Kesehatan Banyuwangi meningkat lebih dari 1000 kasus infeksi virus dengue. Oleh sebab itu secara lebih awal Pesantren melakukan pencegahan dengan melakukan pengasapan.

Tampak sejumlah santri melihat asap mengepul di semua area Pesantren, Hal ini juga sebagai edukasi untuk santri pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan pencegahan sebelum terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Pihak Pesantren yang diwakili oleh Gus Muhammad Erfan sangat mengapresiasi kegiatan ini, beliau berharap agar kegiatan ini bisa menjadi suatu pencegahan awal sehingga tidak ada santri yang sakit dan terganggu kegiatan belajar mengajar di Pesantren.

"Ini adalah langkah awal selain juga pengurus Pesantren akan lebih awas lagi terhadap keadaan kesehatan santri serta menekankan pembiasaan hidup sehat di lingkungan pesantren". Begitu tegas Gus Erfan.

Fogingisasi ini melibatkan pihak Puskesmas Kecamatan Wongsorejo, Babinsa Koramil Wongsorejo, dan sejumlah tokoh masyarakat yang juga peduli lingkungan, salah satunya adalah Bapak Deki Firmansyah yang juga menjadi pemerhati kesehatan lingkungan Desa dan Pesantren.